Wednesday, April 3, 2013

cooking tips ala chef mama #2 - speed cooking


Tips memasak cepat:

untuk ibu-ibu bekerja, memasak adalah hal yang ingin dilakukan untuk keluarga tapi sekaligus bisa memakan waktu lama dan bisa bikin telat berangkat kantor. Bagaimana caranya memasak dengan berhemat waktu?? simak tips berikut:


- Kalau sempat, siapkan bahan-bahan di malam hari, sehingga pagi hari tinggal mengolah. tapi kalau tidak sempat, karena pulang kerja sudah malam, trus dauh ngantuk, ya sudah, gak usah disiapin, langsung hajar saja besok paginya (it's me, heheheehehe)

- jika kompor gas ibu2 terdiri dari dua tungku, usahakan ketika memasak jangan ada yg menganggur. misal kita mau masak sayur bayam dan ayam goreng. rebus air dalam dua panci berbeda, satu untuk sayur, satu lagi untuk mengungkep ayam
- sambil nunggu air mendidih, bisa sambil menyiangi bayam, cuci ayam dan siapkan bumbu-bumbu
- ini penting. Baca resep-resepnya semalam sebelumnya. Sempatkan 5-10 menit sebelum tidur. kalau perlu dihafalkan. jadi sewaktu meracik bumbu, kita tidak buang-buang waktu dengan buka tutup buku resep. boleh dibuka sesekali jika lupa ;)
- Dan tips terakhir "practice make perfect". kalau sudah terbiasa masak, lama-lama speed juga bertambah. dalam satu jam, ibu-ibu bisa menyiapkan 3- 4 menu sekaligus
- selamat mencobaaaaa......

No comments: